5 bandara terunik di dunia


Bandara di seluruh dunia sering dibangun di tanah yang luas dan jauh dari pemukiman penduduk sehingga pesawat akan lebih mudah beroperasi, lepas landas dan mendarat dengan aman. Idealnya bandara membutuhkan lahan yang luas, datar, angin yang menguntungkan dan visibilitas besar. Namun, banyak negara telah membangun bandara yang aneh, diantaranya :


1. Bandara Congonhas (Brazil).

Bandara Congonhas terletak di Sao Paulo, Brazil. Dibangun hanya 5 kilometer dari pusat kota dan selesai pada tahun 1936, dengan perkembangan pesat dalam dekade berikutnya. Walaupun bandaranya unik tampak seperti komuter, bandara ini menjadi menjadi tantangan bagi pilot dalam hal keselamatan penumpang. Untungnya, kota Sao Paulo banyak memiliki bangunan tinggi yang cukup jauh dari bandara, sehingga tidak ada kendala langsung bagi pilot saat mendarat ataupun lepas landas.



2. Bandara Madeira (Portugal).

Bandara Medeira terletak di tepi laut Madeira, sebuah pulau kecil yang jauh dari pantai Portugal, bandara ini mampu mendaratkan pesawat komersial ukuran penting untuk perkembangannya. Bandara ini memiliki panjang landasan hanya sekitar 5000 kaki, memunculkan risiko besar untuk pendaratan. Bahkan pilot paling berpengalaman pun membatasi penerbangan ke daerah ini.

bandara madeira, Portugal


3. Bandara Internasional Princess Juliana (Karibia).

Di bandara Internasional Princess Juliana, pilot harus terbang di atas pantai dengan hampir menyentuh bibir pantai. Ini jelas menjadi tantangan besar bagi para pilot yang ingin mendarat di sini. Dengan pantai yang banyak di kunjungi wisatawan, pilot harus ekstra hati - hati dalam lepas landas maupun mendarat.

Bandara Internasional Princess Juliana

Bandara Internasional Princess Juliana, Karibia

4. Bandara Svalbard (Norwegia).

Svalbard adalah sekelompok pulau di Norwegia yang berdekatan dengan Samudra Arktik. Di daerah ini ada tiga bandara di nusantara, dua di antaranya digunakan untuk mengangkut para penambang. Bandara Svalbard sendiri terbuka untuk melakukan perjalanan komersial. Bandara ini selesai di bangun pada tahun 1975.



svalbard tampak dari jauh

5. Bandara Gibraltar

Bandara Gibraltar dibangun untuk melayani daerah Britania Raya, yaitu pesawat Air Force meskipun dengan penerbangan komersial setiap hari. Bandara ini menjadi sangat unik ketika landasan memotong tepat di seberang  Winston Churchill Avenue dan Jalan Gibraltar. landasan pacu akan beralih dari sisi ke sisi di pulau karena satu-satunya ruang datar ada disana. Namun, operasi penerbangan cukup aman sejauh ini.



bandara gibraltar tampak dari jauh

Artikel Terkait



lintasberita
Copyright 2011 Simplex Celebs All rights reserved Designed by SimplexDesign and Sang blogger muda